10 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasi

 Buat teman teman yang punya komputer baru atau mungkin masih awam dengan yang namanya komputer bisa mencoba tips dari saya ini yang mungkin bisa anda coba ketika komputer anda restart sendiri. Komputer sendiri terbagi dari beberapa bagian yang mungkin dulu dari SD sudah diajarkan sama bapak atau ibu guru :D, Hardware Software dan Brainware ya ketiga bagian itu adalah elemen terpenting dalam sebuah komputer.

Bagian yang akan kita bahas nanti adalah hardware (Perangkat Keras) dan software(Perangkat lunak). Karena Komputer erat hubungannya dengan Hardware dan software maka penyebab komputer rusak pun banyak penyebabnya yang berhubungan dengan 2 hal ini, ukey kita bahas kawan :D permasalahannya seperti ini kawan :



1. Prosesor kepanasan

Prosesor yang katanya adalah sebuah otak menurut guru SD saya dulu hehe, katanya semua proses dikomputer itu adalah berada disini, lalu apa hubungannya dengan komputer restart ??

begini mas mbak, ketika komputer bekerja dengan keras mungkin lagi membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka prosesor yang dikatakan sebagai otak ini akan bekerja extra keras #kasian, nah didalam prosesor ini terdapat system untuk menyelamatkan prosesor itu sendiri ketika dalam kondisi temperatur tertentu dengan merestart komputer tersebut, lalu bagaiamana cara untuk mengatasinya ?

  •     anda bisa mengecek temperatur komputer pada BIOS, atau anda bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dari komputer seperti CPUID
  •     Anda cek untuk bagian Fan Prosesor, apakah perputarannya pelan, karena jika perputarannya pelan maka temperatur prosesor akan mudah panas dan otomatis komputer restart, anda bisa menyemprotkan cairan anti karat dibagaian dinamo dari fannya yang seperti biasanya saya lakukan :D
  •     Anda lihat apakah pada sirip sirip pendingin prosesor tersebut itu banyak debu debunya yang mengakibatkan temperaturnya mudah panas .
  •     sudah keringannya pasta prosesor yang ada diatas prosesornya, ini juga yang akan menyebabkan prosesor cepat panas, anda bisa memberikan pasta prosesor biasanya disebut iso thermal, atau bisa pakai cara yang lebih extrem pakai pasta gigi cara ini juga bisa cuma tidak disarankan karena lama lama akan mengalami penggumpalan ketika lama digunakan.


  •     anda bisa meletekkan komputer anda diruangan yang berAC ya sedikit banyak akan memberikan menurunkan temperatur dari prosesor ketika prosesor mulai memanas :D


2. Power Supply turun daya

Hal seperti ini biasa sangat sering terjadi kawan, biasanya seperti ini ketika menyalakan komputer, pada waktu bios loading windows itu komputer bisa berjalan normal, tetapi ketika masuk ke windows yang terjadi adalah komputernya restart, apa yang terjadi ?????

logikanya seperti ini, ketika komputer masuk ke bios dan loading windows itu daya listrik yang diminta masih belum banyak, tetapi ketika masuk ke dalam windows pastinya banyak program yang dijalankan dan pastinya akan meminta asupan listrik yang cukup banyak, dan ketika power suply sudah menurun dayannya yang terjadi power supply tidak dapat memberikan permintaan listrik ke komputer akhirnya ngerestart kan kawan, cukup masuk akal lah :D, jadi sebaiknya untuk keperluan komputer saat ini anda bisa pakai yang 500 watt saja kawan :D .



3.VGA rusak

Jika anda yang pakai VGA Card anda bisa juga untuk mengecek komponen yang satu ini, beberapa vga card yang ada kipasnya, bisa anda lihat kipasnya itu mungkin pergerakannya melambat mungkin karena kotor, bisa anda bersihkan hal ini juga berpengaruh kawan.



4. Kerusakan Di Harddisk

Ada kemungkinan juga ada badsector di harddisk anda yang menyebabkan komputer anda tidak maksimal dalam pembacaan data yang menyebabkan komputer restart, lalu bagaimana cara mengatasinya ?? anda bisa melakukan checkdisk atau melakukan defragment pada harddisk anda.



5. Ram Rusak

Kemungkinan juga bisa terjadi, karena ketika ram dalam keadaan rusak maka komputer dalam menjalankan program tidak bisa maksimal yang menyebabkan komputer akan melakukan restart, atau malam di beberapa contoh permasalahan ketika ram rusak komputer tidak akan bisa menyala yah cukup extrem kan kawan :D. coba untuk mengganti ram anda atau mungkinmembersihkan ram anda dengan cara membersihkan bagaian kuningannya dengan penghapus pensil kawan :D.



6. Kabel Harddisk tidak stabil

Ya yang ini adalah pengalaman yang sering saya temui biasanya terjadi di harddisk dengan kabel sata, ketika kabel datanya rusakatau kurang berfungsi, maka komputer akan bisa restart, bagaimana bisa terjadi seperti berikut ini, menurut pemikiran yang saya tangkap ketika si komputer booting di os dia punya batas maksimal loading, jadi ketika kabel yang digunakan kurang maksimal dalam penyampaian data yang bisa menyebabkan loading yang lama dan akhirnya bisa restart itu komputer :D 



7. Lonjakan Listrik penyebab komputer restart

Lonjakan listrik yang secara tiba tiba terjadi bisa membuat komputer anda restart karena permintaan listrik yang diminta komputer tidak terpenuhi, lalu bagaimana solusinya kawan ??

saya sarankan untuk menggunakan si Stavolt untuk komputer anda untuk mengatasi ketika lonjakan listrik ini.



8. Fatal error

Ya keterangan fatal error juga sering kita temui ketika anda sedang bermain komputer, dan setelah itu komputer akan restart otomatis ????? apa salah komputernya ??? kok tiba tiba si layar jadi warna biru BSOD (Blue Screen Of death) nah bagaimana cara mengatasinya ??

Fatal Error ini terjadi ketika system terjadi kerusakan, jadi saran saya repair saja system anda atau install ulang, jika tidak maka yang terjadi tetap seperti itu.



9. Antara Hardware dan software tidak cocok

Bagi orang awam mungkin anda belum mengenal apa itu driver ?? apa fungsinya ??

nah driver ini yang sangat kompleks fungsinya, seperti kata diatas hardware dan software tidak cocok ini akan juga mengalami error dan menyebabkan restart, jadi saran saya silahkan anda pastikan drivernya sudah cocok, jika anda bingung anda bisa menggunakan software all driver, seperti driver pack solution untuk menginstall driver.



10. Hardware atau software Yang rusak 

Ketika komputer nyala pertama kali, anda tekan f2,atau del(tergantung merk motherboard) dengan otomatis masuk bios, nah ketika masuk bios itu tunggu 5 menit, jika komputer anda restart, berarti yang rusak adalah dibagaian hardware, tetapi jika tetap nyala dan ketika anda masuk ke windows normal komputer restart , berarti yang rusak itu softwarenya :D.



Terima kasih kawan demikian artikel saya mengenai 10 Penyebab Komputer Sering Restart Dan Cara Mengatasinya.



Ditulis Oleh : Ð'₦ïḡɧŧɱẩŗε™ ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel 10 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasi ini diposting oleh Ð'₦ïḡɧŧɱẩŗε™ pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Jangan lupa bagi yang mau Copas cantumkan sumber :

:: Irvan Efendy ::

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply